Cara Mengundang Keluarga Ke Hungary

Ini cerita yang saya dan beberapa teman alami ketika proses mengundang keluarga inti untuk mengikuti kita dan tinggal dalam waktu lama (lebih dari 1 tahun) di hungary. Ketika awal saya sedang proses visa study di kedubes hungaria di jakarta, saya sudah melakukan konsultasi dengan pihak kedubes Hungaria di Jakarta untuk mempersiapkan beberapa dokumen sebelum saya berangkat. Pada awalnya dokumen esensial yang harus disiapkan sebelum kita berangkat adalah melakukan legalisir beberapa dokumen yang menunjukkan bahwa kita adalah satu keluarga secara resmi dan diakui secara legal oleh pemerintah indonesia. Saya melakukan legalisir pada dokumen seperti akta nikah, akta lahir anak. Dua dokumen tersebut menunjukkan hubungan saya dengan istri yang resmi dan diakui negara, dan hubungan saya dengan anak yang resmi diakui sebagai ayah dari anak tersebut. Legalisir dilakukan dari KUA (akta nikah), dan dari DINDUKCAPIL (akta lahir). Ohya usahakan akta lahir anak dan akta lahir kita sudah dalam dua bahasa. Model akta lahir yang baru sudah dua bahasa, jadi ketika itu saya dan istri cuma bikin surat keterangan hilang akta lahir dan dicetak dengan versi terbaru baru dilakukan legalisir sama DINDUKCAPIL.

Tahap kedua yaitu mencari informasi mengenai proses legalisir akta nikah dan akta lahir di pusat (jakarta). Temen-temen bisa lebih details di google. Secara singkat, awalnya setelah dari daerah masing masing melakukan legalisir baik akta nikah dan akta lahir, tahap selanjutnya adalah ke kemenag dulu untuk akte nikah. Setelah itu legalisir akte nikah dan akte lahir dibawa ke kemenkumham untuk proses selanjutnya. Dan akhirnya ke kemenlu, detailsnya saya baca di website orang lain disini.

Tips waktu ke kemenkumham, karena saya belum melakukan online upload, daripada nunggu lama waktu itu bisa minta tolong ke satpam disitu, bisa 10 menit jadi langsung cuma emang agak mahal, tapi daripada saya harus nambah biaya hotel semalam lagi cuma untuk nunggu keluar legalisirnya lebih murah bayar satpam itu.

Waktu ke kemenlu kita bisa online semua, setelah kemenlu juga sudah oke, tahap akhir adalah ketika mau proses mengundang istri dan anak di kedutaan besar hungaria di jakarta juga akan dilakukan legalisir akhir, itu sudah sepaket dengan proses visa keluarga dengan namanya “family reunification”.

Proses visa kurang lebih 2 minggu an, salah satu faktor penting diluar administrasi dari visa mengundang keluarga adalah kesiapan dana untuk hidup di hungary. Karena kalau dengan beasiswa saja sepertinya dianggap tidak cukup, sehingga kita harus menyiapkan cadangan uang tambahan yang harus ditunjukkan ke kedubes hungaria di jakarta. Jumlahnya memang tidak pernah disebutkan berapa minimal harus disiapkan. Namun beberapa teman tipsnya kita menyiapkan > 200 juta di rekening. Jumlah tersebut bisa disiasati meminjang keluarga atau teman untuk sementara saja, nantinya bisa dikembalikan.

Tinggalkan komentar